Mengenal Sekilas Tentang Web Design

Mengenal Sekilas Tentang Web Design

Mengenal Sekilas Tentang Web Design – Bagi yang sudah sering mengotak-atik website tentu tidak akan asing lagi dengan yang namanya Web Design bukan ? Web Design menjadi salah satu faktor penting untuk membuat website yang dimiliki bisa menjadi menarik. Bisa dibilang jika website tanpa Web Design seperti sayuran tanpa garam, hambar dan tidak menarik.

Namun, hingga saat ini tahukah anda apa sebenarnya Web Design itu ? untuk lebih jelasnya berikut adalah info sekilas tentang Web Design.

Apa itu Web Design ?

Web Design atau perangcangan web adalah sebutan umum untuk cara atau metode yang mencakup bagaimana isi web tersebut ditampilkan yang menggunakan teknik desain grafis yang berguna untuk mengembangkan serta styling tata tetak objek informatika pada web tersebut.

Secara singkat Web Design merupakan teknik dengan Layout tertentu untuk memperindah tampilan website agar menarik untuk dikunjungi.

Jenis-jenis Layout pada Web Design

1. Fixed
Jenis ini merupakan jenis Layout primitif yang banyak disukai oleh orang karena pembuatannya yang mudah. layout ini berbentuk lebar dan tetap dengan ukuran tersebut diberbagai ukuran layar.

2. Fluid
Fluid merupakan lawan dari Fixed yang dapat berubah-ubah ukuran sesuai dengan ukuran layar.

3. Elastic
Merupakan gabungan antara Fixed dan Fluid.

Fungsi dari Web
Memang, sub bab ini agak melenceng dari tema, namun sangat penting bagi anda yang ini merangcang sebuah website. Sebelum anda membuat Web Design, ada baiknya anda perhatikan fungsi dari website itu sendiri agar apa yang anda rancang dalam web anda bisa sesuai dengan fungsinya.

1. Fungsi Komunikasi
Fungsi ini merupakan fungsi umum bagi setiap website. Sebab, dalam pemrogramannya, website dilengkapi dengan fitur-fitur yang mendukung untuk berkomunikasi, seperti email, chat, forum, dll.

2. Fungsi Informasi
Sebagai sebuah website, tentu hal yang paling diutamakan adalah memberikan informasi pada pengunjungnya. Tak peduli apakah itu web bisnis, web Browser, atau yang lain. Oleh karena itu, kebanyakan website pasti akan menekankan pada kualitas konten, karena memang itulah yang yang sebenarnya ditampilkan dalam sebuah website.

Beberapa contoh fungsi informasi adalah, berita atau News, file, Library, dll.

3. Fungsi Entertaiment
Pada fungsi ini tidak semua website memiliki fungsi Entertaiment. Fungsi Entertaiment hanya ada pada website yang menyediakan hiburan atau menggunakan animasi atau elemen yang bergerak pada websitenya.

Biasanya salah satu hal yang hal yang diperhatikan pada website yang memiliki fungsi ini adalah pada kecepatan downloadnya. Fungsi ini biasanya ditemukan pada situs web yang menyediakan game online, nonton film, download film dan sejenisnya.

4. Fungsi Transaksi
Fungsi ini biasa ditemukan pada website bisnis, baik barang maupun jasa. Website bisnis digunakan selain sebagai lapak penjualan online juga sebagai wadah yang juga menghubungkan antara pihak penyedia barang atau jasa dengan konsumen atau komunitas tertentu untuk bertransaksi. Transaksi bisa menggunakan kredit, transfer atau tunai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!